Mata
Kuliah : ADMINISTRASI PENDIDIKAN
BAB
I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Kurikulum adalah seperangkat
rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pembelajaran serta cara
yang digunakan sebagai pedoman penyalenggaraan kegiatan pembelajaran untuk
mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan
kondisi dan poteni daerah, satuan pendidikan dan peserta didik.
Kurikulum Satuan Tungkat
Pendidikan (KTSP) adalah kurikulum oprasional yang disusun dan dilaksanakan
oleh masing-masing satuan pendidikan.
KTSP dikembangkan sesuai
kurikulum yang dimiliki satuan pendidikan, potensi daerah, sosial budaya
masyarakat setempat dan karakteristik peserta didik.
Raudhathul athfal adalah satuan pendidikan anak
usia dini yang memiliki karakteristik keagamaan, maka kurikulumnya harus
memunculkan ciri khas keagamaan, menyadari akan hal ini maka pihak pengelola
Raudhathul Athfal yang berada dibawah naungan departemen agama. Memiliki
tantangan untuk KTSP yang dapat menghasilkan peerta didik yang siap menghadapi
berbagai tuntutan globalisasi dengan berbasis Ilmu Pengetahuan, dan Teknologi
serta berlandaskan Iman dan Taqwa.
B. Dasar Hukum
1. UU. No. 20 Tahun 2003 tentang
sistem pendidikan nasional.
2. PP. No. 19 Tahun 2005 tentang
setandar nasional pendidikan.
3. Pemendiknas no. 22 Tahun 2006
tentang setandar isi.
4. Permendiknas no. 23 tentang
setandar kompetensi kelulusan.
5. Permendiknas no. 24 tentang
pelaksanaan permendiknas no.22 &23 Tahun 2006.
C. Tujuan
1. Untuk memahami isi kurikulum
tingkat satuan pendidikan (KTSP)
2. Mampu menguasai model
pmbelajaran aktif, kreatif, efektif, & menyenangkan.
3. Mampu melakukan pembelajaran
yang mengacu pada kurikulum tingkat satuan pendidikan.
D. Sasaran
1. Informasi up date kurikulum.
2. Sosialisasi tentang kurikulum
tingkat satuan pendidikan.
3. Pelatihan cara menerapkan KTSP
dalam proses belajar mengajar.
BAB
II RENCANA PROGRAM
A. Jenis Kegiatan
Sosialisasi penerapan Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan (KTSP)
B. Nama Kegiatan
Workhshop Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP)
C. Waktu dan Tempat
Hari :
Minggu
Tanggal : 4 Maret 2012
Tempat :
Ruang kelas RA Nurjanah
D. Peserta
No
|
Nama/NIP
|
Jabatan
|
Unit Kerja
|
1
|
Enung
|
Guru
|
RA Nurjanah
|
2
|
Elis M
|
Guru
|
RA Al-Fadhilaturahman
|
3
|
Iwan P
|
Guru
|
RA Al-falah
|
4
|
Ade s
|
Guru
|
RA Al-Ghifari
|
5
|
Hermawan
|
Guru
|
RA Al-Hidayah
|
6
|
Budiaman
|
Guru
|
RA Al-Khoeriah
|
7
|
Reni
|
Guru
|
RA Al-Muhajirin
|
8
|
Taufik
|
Guru
|
RA ASSyiffa
|
9
|
Wildan
|
Guru
|
RA Darul Hidayah
|
10
|
Nurhayati
|
Guru
|
RA Darul Ulum
|
11
|
Nani
|
Guru
|
RA Darusshibiyan
|
12
|
Ina
|
Guru
|
RA Nurul Hidayah
|
13
|
Teni
|
Guru
|
RA Fajar Mustika
|
14
|
Asep
|
Guru
|
RA Nurul Islsm
|
15
|
Rostika
|
Guru
|
RA Al-Furkon
|
0 Response to "Administrasi Pendidikan"